cara mendapatkan client di bidang website

Luxury Man 6:06 PM

Cara Mendapatkan Client Di Bidang Website

Bagaimana cara mendapatkan client dan project di dunia website? Pertanyaan ini muncul dari seorang teman di facebook saat saya menanyakan ‘topik apa yang enaknya dibahas’ di dex-vo  hari ini.
Kayaknya topik tersebut seru juga untuk dibahas, tentunya hanya sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman penulis saja ya.
Silahkan disimak..


Client / klien, memang sangat penting keberadaannya, munculnya klien berarti munculnya proyek baru, proyek sangat penting untuk kelangsungan sebuah usaha, proyek adalah penyemangat. Untuk apa jago membuat website, untuk apa jago koding, untuk apa jago bikin desain, tapi tidak punya proyek yang menghasilkan pendapatan(seakan tanpa apresiasi). Semua terasa hambar dan lama-lama bikin tidak semangat dan bahkan bisa bikin orang bosan dengan skill yang dimilikinya.
Langsung saja kita bahas bagaimana cara mendapatkan klien didunia website, mungkin akan lebih ke dunia freelance ya, bukan perusahaan.

1. Persiapkan Skill

Ini tentunya mutlak harus dimiliki kalau ingin mendapatkan proyek, kalau tidak ada skill tentunya apa yang bisa diharapkan oleh seseorang dari kita. Skill tidak perlu banyak, cukup satu skill tapi sangat menguasai, syukur-syukur kalo punya banyak skill. Punya kemampuan membuat desain saja sudah cukup, tapi kalau bisa desain dan ngoding itu lebih bagus, apalagi untuk hidup sebagai freelancer di Indonesia. Skill bisa membentuk personal branding dengan sendirinya.

2. Personal Branding

Soal personal branding (bagaimana agar anda dikenal dengan kemampuan anda) saya lebih suka branding yang terbentuk dengan sendirinya dibanding branding yang dibuat atau sengaja diciptakan sedemikian rupa dengan cara pamer karya atau lainnya, bagi kamu yang masih kuliah tentunya inilah tempat yang paling utama, bagaimana sepak terjang anda dikampus sangat berpengaruh dalam mendapatkan client.
Jika anda pintar tentang dunia web di dalam kelas, aktif di kelas, nilai anda bagus, temen sering bertanya kepada anda di kelas, maka alam akan membawa anda terkenal diluar kelas (dilingkungan kampus), kalau teman-teman dilingkungan kampus sudah kenal anda sebagai orang yang pandai dalam pembuatan web maka alam akan membawa kemampuan anda tersebut untuk dikenal di luar lingkungan kampus. Tentunya melalui mulut kawan-kawan anda tersebut. Begitulah alurnya, saya sudah buktikan itu saat kuliah, dan akhirnya proyek-proyek setelah lulus kuliah ternyata banyak datang dari teman-teman yang dulunya satu kampus bahkan sekelas dengan saya.

3. Portfolio & Pengalaman

Ini tidak kalah penting, terlebih ketika sudah lulus kuliah dan hidup melanglang buana sendirian sebagai freelancer. Portfolio atau hasil karya yang pernah dibuat adalah senjata utama, perlu saya sampaikan lagi kalau di bangku sekolah / kuliah adalah langkah pertama untuk membuat portfolio dan mencari pengalaman, ciptakan pengalaman mengerjakan proyek sebanyak-banyak nya disini, jangan berfikir uang besar dulu karena masa kuliah sebenarnya adalah masa belajar jadi gausah terlalu tertekan kalau belum dapat proyek besar semasa kuliah, proyek gratis untuk teman sudah cukup, bisa juga dengan cari LSM kecil-kecilan lalu tawarkan website gratis, saya masih ingat waktu kuliah pernah saya sholat jumat disebuah masjid, disana saya liat sebuah selebaran yang isinya tentang “Bagaiman peran Ayah dalam mendidik Anak”, selebaran tersebut dibuat oleh sebuah LSM, isinya bagus sekali sampai kemudian saya kontak LSM tersebut dan saya tawarkan pembuatan website gratis untuk mereka agar tulisan-tulisan yang mereka sebarkan ke masjid-masjid di setiap jumatan itu bisa dibaca oleh semua orang melalui website, bukan sekedar di masjid saja. Ini tentunya bisa dijadikan portfolio, siapa tau ada lembaga sosial yang lebih besar yang melihat dan inginkan website dari anda.
personal branding Cara Mendapatkan Client Di Bidang Website
Photo by: IvanWalsh.com
Pernah juga saya membuatkan website untuk tim futsal saya di kampus, ini bisa jadi portfolio juga, tidak disangka, entah kebetulan atau tidak akhirnya website yang saya buat dikemudian harinya ternyata untuk organisasi-organisasi olahraga besar di Indonesia. Ini membuat saya yakin kalau apa yang kita kerjakan dengan cuma-cuma tapi serius dan iklas akan dibalas tuhan dengan proyek betulan yang hampir serupa dikemudian harinya.
Atau mengerjakan project dosen atau project kampus, semasa kuliah saya cukup aktif dalam dunia website, sampai ikut lomba-lomba blog dikampus dan beberapa kali menang, sampai akhirnya saya diundang untuk seleksi dan akhirnya bisa bekerja di pusat pengembangan website di kampus saya (tidak perlu disebutkan kampusnya), nah dari sinilah saya dapat banyak proyek, puluhan website saya buat selama dibangku kuliah, baik itu website untuk kampus maupun proyek kampus dengan instansi lain, tentunya ini jadi pengalaman dan modal saya sekarang.
Ada banyak cara-cara lain untuk mendapatkan pengalaman, misalnya saja ikut lomba pembuatan web / aplikasi di sekolah / kampus, menjadi asisten di laboratorium, gabung dengan beberapa teman untuk ikut program kreatifitas mahasiswa, atau bekerja sambil kuliah, dan lain sebagainya bisa jadi jalan untuk dikenal orang sebagai seseorang yang punya kemampuan dan ujungnya untuk mendapatkan klien.

4. Membuat Website Untuk Menjual Jasa

Portfolio sebenarnya bisa membuat kita hidup dengan bantuan mulut-mulut orang yang kenal dengan kita, tapi ini tentu bukan cara yang pas, kita tidak mungkin hanya menggantungkan hidup dari mulut orang-orang yang kenal dengan kita, kita juga harus bergerak sendiri agar mendapatkan lebih banyak proyek, caranya ya tentu dengan membuat website untuk memajang portfolio tersebut.
Portfolio sebisa mungkin dibuat agar terlihat profesional, tidak perlu terlalu WAHH!, cukup sederhana saja, tapi yang perlu WAHH adalah apa yang dipajang di website itu, tentunya harus proyek-proyek yang bagus-bagus, memiliki kekuatan dari segi desain atau fungsinya, dan yang tidak kalah penting adalah sebisa mungkin pajang proyek dari klien yang cukup dikenal orang. #kalauBisa.
Sebisa mungkin buat website yang serius, dengan domain yang tidak gratisan.

5. Pemasaran

Bagi perusahaan, pemasaran sangatlah penting, begitu juga dengan freelancer, pemasaran juga berpengaruh besar bagi freelancer.
seo element Cara Mendapatkan Client Di Bidang Website
Bagi freelancer banyak cara untuk memasarkan jasanya, diantarnya
  • Membuat kartu nama dan membagikannya ke kenalan-kenalan (ini tidak saya lakukan)
  • Sering update seputar web di facebook, twitter, atau sekali-sekali di status BBM/Android.
  • Menerapkan teknik SEO sebaik-baiknya agar website kita mudah ditemukan oleh calon klien (ini sangat penting), silahkan pelajari SEO untuk pemasaran alami website kamu, ini akan membuat klien datang dengan sendirinya melalui Search engine -> Menuju website kamu -> lalu permintaan akan masuk ke email kamu.
  • Menaruh alamat website kamu dimana-mana, di forum, di group, di sosial media seperti di timeline facebook atau twitter, LinkedIn, bahkan di bagian akhir email, tapi jangan sampe norak dan berlebihan, harus tetap elegan.
Cukup tunjukan dengan santai kepada orang kalau anda memiliki jasa pembuatan website.

6. Membuat Freebies

Hampir mirip dengan bahasan di poin nomor 3, dengan menciptakan karya-karya gratis dan membagikannya untuk digunakan oleh orang banyak tentunya bisa membuat kita dikenal sebagai orang yang memiliki kemampuan, dan bisa jadi akan mendatangkan proyek.
Ada banyak gratisan yang bisa anda buat untuk menarik orang lain, diantarnya.
  • Membuat template gratisan
  • Membuat program / web aplikasi gratisan
  • Membuat tutorial gratis (tulisan, audio, atau video)
  • Membuat icon-icon gratis dan semacamnya yang bisa digunakan oleh orang lain
  • dan lain-lain

7. Bekerja sama dengan orang lain.

client Cara Mendapatkan Client Di Bidang Website
A salesman with two clients, Photo by: yourdictionary
Ini mungkin cukup berguna juga, bekerja sama dengan orang lain yang kita kenal, atau orang lain yang punya kemampuan memasarkan jasa kita rasanya cukup besar juga pengaruhnya. Disini berarti kita memberi kesempatan orang lain yang mencari klien dan nanti kalau sudah dapat klien tentunya ada beberapa persen hasil proyak tersebut yang harus kita bagi dengan orang lain tersebut, bagaimanapun dia sudah berjasa mendatangkan klien untuk kita. Urusan persentase nya silahkan dirundingkan sesuai kepuasan hati masing-masing.

8. Gabung di website Freelancer / Kontes

Bergabung di website-website seperti Elance, Microlancer, 99designs dan website-website semacamnya juga sangat bisa diandalkan untuk mendapatkan klien dari berbagai negara di belahan dunia yang lain selain negara tempat tinggal kita.

9. Berteman dengan banyak orang

Berteman dengan banyak membuat anda bertemu banyak orang yang tentunya membuka peluang lebih banyak untuk mendapatkan proyek dibanding dengan seseorang yang memiliki sedikit teman.
conference seminar Cara Mendapatkan Client Di Bidang Website
Photo by : Jeffrey Zeldman
Ada banyak cara untuk mendapatkan banyak teman, diantaranya di sosial media, atau kalau ingin lebih nyata dengan sering menghadiri seminar / workshop. Hm…dan banyak lagi lah cara untuk mencari teman, silahkan gunakan kemampuan bersosialisasi anda sendiri.
Kesimpulan
Kira-kira itulah beberapa cara untuk mendatangkan klien untuk freelancer, mungkin masih ada cara-cara lain yang bisa dibahas, namun apa daya ini sudah pukul 23:32, mata sudah mulai mengantuk.
Inti dari semua yang ditulis diatas adalah anda harus punya kemampuan, dan ditambah dengan pemasaran diri yang elegan agar dikenal oleh orang lain sebagai seseorang yang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan dibidang yang kita geluti. Ditambah dengan doa-doa, maka klien dengan izin tuhan mudah-mudahan akan segera mendatangi anda.
Ingat rezeki itu datangnya dari tuhan, sekuat apapun usaha kita kalau tuhan belum mengizinkan ya tidak akan berhasil
"Jika anda memiliki pengalaman dan masukan-masukan lain silahkan dibagikan dikolom komentar."

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »