Mengoptimalkan SEO Website Menggunakan Blog Supaya No.1 Di Google

Sebelumnya saya pernah menulis artikel tentang pengertian SEO.

Dan kali ini saya akan mencoba mengulas sedikit tentang langkah-langkah cara SEO website supaya situs kita bisa mendapat peringkat di Google maupun search engine lainnya.

Mungkin cukup singkat, namun ini saya tulis berdasarkan apa yang saya pelajari di SEO Academy dan beberapa eksperimen pengalaman pribadi, serta dari beberapa referensi lainnya.

Semoga apa yang saya tuliskan bisa memberikan inspirasi bagi Anda untuk memahami lebih lanjut tentang langkah praktis penerapan SEO di website.

Baiklah, mari kita lanjut…

Bangun Blog Untuk Website Anda

Jika Anda hendak membuat website yang sukses, ada baiknya Anda pertimbangkan juga untuk membangun blog di dalam website tersebut.

Gunanya, selain untuk meningkatkan kepercayaan pada pengunjung, juga untuk memberikan kredibilitas di mata search engine.

Mungkin Anda bertanya, “Loh, bagaimana blog bisa meningkatkan kepercayaan di mata pengunjung?”

Coba bayangkan, apa jadinya kalau ada orang datang ke toko kita dan tanya-tanya ke pelayan toko, tapi si pelayan toko tadi ngga mudeng soal produk kita. Istilahnya, product knowledge nya nol. Ehm, agak memalukan ya pastinya…

Nah, blog bisa difungsikan seperti itu.

Para pengunjung mungkin tidak menemukan produk / layanan yang dia cari. Namun ketika di muter-muter membaca konten lain yang terdapat di dalam blog kita, siapa tahu dia menemukan informasi lain yang bisa jadi dia butuhkan.

Ingat, kata kuncinya adalah “INFORMASI”.

Sehingga perlahan namun pasti, di dalam dirinya akan tumbuh rasa percaya bahwa website kita layak untuk dijadikan rujukan / referensi perihal produk atau layanan yang sedang di cari.

Begitu juga bagi search engine.

Blog merupakan salah satu unsur yang penting supaya website kita memenuhi tujuannya. Jika konten senantiasa kita update, mereka para bot search engine ini akan semakin suka.

Soal bagaimana cara membuat blog, kalau kita menggunakan website WordPress tentunya hal ini akan sangat mudah, ngga perlu pusing-pusing lagi gimana caranya bikin fitur blog. Karena sebagai CMS, WordPress sudah menyediakan fasilitas ini.

Persoalannya sekarang, bagaimanakah kita membuat blog yang disukai oleh mesin pencari?

Cara SEO Website Menggunakan Blog

Rangkuman tips cara mengoptimalkan SEO blog praktis ini saya dapatkan dari seorang penulis, pakar, sekaligus praktisi SEO, beliau namanya Mas Diar Seonubi.

Bagus banget untuk diikuti. Silahkan disimak…

1. Tentukan tema atau topik blog – sebelum blog kita buat, tentukanlah topik utama yang akan kita usung, karena nantinya akan menjadi judul blog yang kemudian dijabarkan menjadi deskripsi blog. Tentunya topik ini juga relevan dengan website kita secara keseluruhan.

2. Riset kata kunci / keyword (KW) – lakukanlah ini dahulu ketika hendak menulis blog, kemudian ada baiknya jangan terlalu ingin mengejar keyword yang potensi trafiknya besar. Mulailah dari yang potensinya kecil, yang penting kita harus memahami prinsip kerjanya. Kalau sudah bisa muncul di hasil pencarian dengan keyword yang ringan, barulah kita tingkatkan dengan menggunakan keyword yang persaingannya berat. Prinsipnya, yang penting bisa muncul di hasil pencarian dulu, pakai keyword yang ringan tidak masalah.

3. Posting yang relevan – dan buatlah konten yang berkualitas. Bikin konten yang unik dan bermanfaat, tapi jangan keluar dari topik utama blog. Lalu buat link antar halaman, jadi antar halaman saling mempromosikan. Kalau banyak halaman yang dibaca pengunjung maka blog dianggap berkualitas.

4. Persiapkan SEO ONPAGE – contohnya seperti mengoptimalkan penggunaan kata kunci di bagian Meta Title, Meta Deskripsi, dst, sesuai hasil analisa keyword.

5. Indexing – sambil menunggu postingan Anda masuk di Google, Anda bisa share ke social media supaya postingan tersebut lebih cepat terindex oleh Google.

6. Lakukan SEO OFFPAGE – contohnya bisa menggunakan pola backlink commenting, backlink wheel / piramida, submit ke social bookmark, dst.

Kalau saya boleh bilang, 6 langkah tersebut merupakan intisari dari upaya SEO basic. Nggak ribet-ribet amat lah, sekalipun bagi pemula.

Yang agak berat adalah di persoalan penulisan artikel yang menarik dan menjual, sekaligus GOOGLE FRIENDLY supaya mudah ditemukan oleh GOOGLE. Karena bagaimanapun juga, membangun blog membutuhkan tekad yang kuat untuk menulis.

Nah, disinilah tantangannya.

Omong-omong, saya jadi teringat pelajaran Bahasa Indonesia bab MENGARANG, bikin pusyiing. Hahaha..


Lalu, Saya Harus Mulai Dari Mana?

Nah, setelah Anda membaca ulasan di atas, kini semua kembali pada Anda. Jika Anda ingin belajar sendiri, Anda bisa belajar menerapkan 6 langkah SEO dasar di atas secara urut dan praktek, praktek, praktek…

Mulailah dengan membuat postingan yang relevan dan sering-sering berlatih meriset keyword. Karena ini memang penting untuk dilakukan.

Dan jika Anda memang benar-benar serius ingin mengasah skill SEO untuk membangun website dan mendapatkan penghasilan via online, temui beberapa referensi MENTOR SEO berikut ini:

Daffi Shaci dari SaungSEO – klik disiniSatria Rasyid yang menyelenggarakan Kursus Private SEO – klik disini

Mereka adalah praktisi SEO yang sudah berpengalaman dan memiliki jam terbang LAMA.

Namun jika dirasa Anda sudah pusing dibuatnya, ya nggak ada salahnya juga Anda menggunakan layanan jasa SEO pihak ketiga. Meskipun begitu, ada baiknya juga Anda mengerti konsepnya.

Yang jelas, tidak ada jalan pintas menuju pejwan. Yang ada adalah kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas…


Baiklah, semoga tips langkah-langkah cara SEO website menggunakan blog ini berguna buat temen-temen yaa. Silahkan sampaikan di kolom komentar jika ingin sharing seputar SEO.

Bantu saya bagikan artikel ini supaya lebih bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »